Inilah Kelebihan Membangun daripada Membeli Rumah!

Setiap orang yang ingin memiliki hunian baru pasti pernah merasakan bagaimana rasanya terombang ambing di lautan kebimbangan antara memilih untuk membangun atau membeli rumah. Beberapa orang memutuskan untuk membeli rumah karena alasan lebih praktis, dan bisa langsung ditinggali tanpa harus menunggu berbulan-bulan lamanya. Namun, beberapa orang lainnya beranggapan bahwa dengan membangun sendiri, mereka akan lebih fleksibel dan bebas memodifikasi rumah agar sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.

Jika Anda merupakan satu dari beberapa orang yang sedang berada di lautan kebimbangan yang sama, ada baiknya Anda mengetahui beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan membangun rumah idaman, dibandingkan membeli. Mungkin kelebihan-kelebihan inilah yang memang Anda cari, sehingga Anda tidak perlu lagi memilih antara membangun atau membeli rumah.

  1. Anda mendapatkan lebih dari uang yang Anda keluarkan

Rumah yang sudah jadi, baik Anda membelinya secara mandiri atau lewat broker, pasti dibandero dengan harga yang cukup tinggi. Sementara biaya membangun rumah untuk tipe yang sama rata-rata 25% lebih rendah daripada harga jual rumah jadi.

Dengan membangun sendiri, Anda dapat menghemat uang dengan jumlah yang cukup banyak. Pastikan Anda membangunnya dengan dengan perencanaan, pembelian material, sampai pembangunan yang cermat.

  1. Baik untuk jiwa Anda

Jika bukan uang masalahnya, apa lagi yang melatarbelakangi keputusan seseorang untuk membangun rumah? Pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu ini seringkali tetap dipilih karena alasan kepuasan di dalam diri Anda.

Jiwa siapa yang tidak akan bahagia mengetahui ia dapat membangun sebuah rumah impian untuk keluarga, yang semua idenya berasal dari dirinya?

  1. Anda akan belajar banyak akan proses pembangunan

Untuk Anda yang baru pertama kali memiliki rumah, membangun rumah sendiri akan memberikan pengalaman yang sungguh berharga untuk diri Anda ke depannya. Salah satunya adalah Anda bisa belajar banyak mengenai  segala proses konstruksi bangunan. Di kemudian hari, jika Anda ingin membangun rumah kembali, atau ada kerabat dekat yang akan membangun, Anda bisa memberikan masukan berharga dari pengalaman Anda untuk kesuksesan proyek pembangunan Anda di masa yang akan datang.

  1. Banyak inspirasi yang dapat diwujudkan menjadi nyata

Begitu banyak inpirasi desain rumah yang ada di sekitar Anda, dan begitu sedikit yang terwujud dalam bentuk rumah dijual. Dengan membangun rumah, Anda tidak perlu khawatir akan keterbatasan desain yang bisa Anda terapkan di rumah masa depan Anda.

Inspirasi yang membuncah di kepala Anda juga dapat terwujud apabila Anda mengkomunikasikannya dengan baik kepada kontraktor atau tukang bangunan yang telah Anda tunjuk.

  1. Kebutuhan terpenuhi dengan pasti

Sudah tentu salah satu hal terbaik yang bisa Anda dapatkan dari membangun dan mendesain sendiri rumah adalah keleluasaan dalam membuat hal yang benar-benar Anda butuhkan. Ketika Anda membeli rumah, Anda mungkin akan menemukan satu atau dua bagian rumah yang tidak Anda sukai, atau yang Anda pikir tidak akan sesuai dengan gaya hidup dan aktivitas Anda di rumah sehari-hari. Kadang kala, bagian-bagian tersebut bisa membuat sakit kepala.

Well, dengan mendesain dan membangun rumah sendiri, arsitek dan tukang bangunan Anda akan mampu membantu Anda menciptakan rumah persis seperti apa Anda selalu impikan.

  1. Konstruksi yang lebih baik

Mengawasi dengan teliti dari proses awal peletakkan batu pertama sampai pemotongan pita, ketika ada hal yang berjalan tidak sesuai dengan yang seharusnya, pasti Anda akan langsung mengetahuinya. Hal ini bisa menjadi upaya preventif sekaligus evaluatif akan bangunan rumah yang akan Anda sekeluarga tempati. Anda juga dapat memastikan konstruksi bangunan terdiri dari material-material berkualitas terbaik.

  1. Meningkatkan ekonomi daerah

Dengan membuat proyek pembangunan rumah, Anda juga dapat membantu meningkatkan ekonomi daerah Anda, lho! Dengan perekrutan begitu banyak tukang bangunan, desainer interior, arsitek, dan lain-lain, Anda berarti telah berkontribusi membangun ekonomi masyarakat.

Nah, begitulah 7 kelebihan dari membangun rumah yang bisa Anda dapatkan yang nyatanya manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh Anda sekeluarga, tapi juga orang-orang di sekitar Anda. Masih ragu mau bangun rumah?